Selasa, 14 Juni 2016

Tips Menjaga Berat Badan Tetap Ideal Saat Berpuasa

Ketika pada saat puasa tentu saja frekuensi makan kita akan menjadi berkurang dibandingkan dihari sebelumnya. Biasanya tiga kali sehari menjadi dua kali sehari, dan jika dilihat kondisi tersebut tentu akan memperngaruhi pada kondisi berat badan seseorang mengalami penurunan. Namun kebanyakan yang terjadi tidak demikian seperti yang kita bayangkan. Banyak dari mereka justru mengalami hal sebaliknya yaitu berat badan yang bertambah. Setelah ditelusuri ternyata disebabkan kerena pola makan yang tidak sehat. Melihat kondisi tersebut  sangatlah resah karena harapan untuk tampil mempesona di hari lebaran dengan menjadi sirna karena berat badan yang semakin bertambah gemuk. Berat badan ideal tidak hanya sedap ketika dipandang, namun juga dapat mempenaruhi kondisi kesehatan. Maka penting kiranya untuk selalu di jaga dan untuk memiliki berat badan yang ideal sebenarnya sangatlah mudah jika kita tahu caranya.

Salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan melakukan puasa tapi juga disertai dengan pola makan dan aktivitas yang sesuai. Tentu Anda tidak ingin tambah gemuk setelah melakukan puasa, kan? Nah agar berat badan Anda tidak terus mengalami lonjakan, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini, diantaranya adalah sebagai berikut!

Inilah Tips Menjaga Berat Badan Tetap Ideal Saat Berpuasa

Mengonsumsi Banyak Air Putih
Pada saat berpuasa, peting kiranya untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh. Caranya adalah dengan banyak mengonsumsi air putih sebanyak-banyak pada saat berbuka puasa dan sahur. Dalam kondisi normal membutuhkan asupan air sekitar 6-8 gelas per harinya. Jadi pada saat puasa Anda bisa minum air satu gelas pada saat berbuka puasa, dua gelas air ketika di malam hari, sebelum sahur 2 gelas air dan setelah berpuasa satu gelas air. Lakukan setiap hari pada saat berbuka dan sahur, selain dapat menjaga berat badan Anda tetap ideal ternyata juga dapat membantu tubuh Anda terhindar dari dehidrasi.

Jangan Terapkan “Balas Dendam” pada Saat Berbuka
Untuk tetap menjaga berat badan tetap ideal, maka penting untuk menjaga pola makan Anda. Selain itu jangan terapkan dalam pikiran Anda “balas dendam” ketika berbuka puasa. Balas dendam maksudnya adalah mengonsumsi berbagai jenis makanan yang Anda inginkan tanpa mempertimbangkan dengan kapasitas perut Anda pada saat itu. Dengan pola makan tersebut itulah yang membuat berat badan seseorang mengalami peningkatan tanpa disadari. Sebaiknya, makanlah makanan yang ringan terlebih dahulu pada saat buka puasa. Seperti misalnya meminum segelas air putih pada saat berbuka puasa, dilanjut dengan mengonsumsi 2 biji bah kurma atau yang lainnya. Setelah sholat baru Anda lanjut dengan makan yang berat namun tetap sesuai dengan kapasitas perut Anda.

Hindari Makan Ketika Mendekati Waktu Tidur
Agar berat badan Anda tetap ideal selama menjalankan puasa, sebaiknya hindari makan berdekatan dengan waktu tidur. Karena makanan yang dikonsumsi tersebut akan menumpuk menjadi lemak bila waktu makan berdekatan dengan waktu tidur Anda. Alhasil berat badan akan bertambah dari hari ke hari tanpa Anda sadari. Adapun waktu yang sangat bagus adalah berikanlah jarak 2-3 jam waktu makan dengan waktu tidur Anda.

Sekian penjelasan mengenai tips menjaga berat badan tetap ideal pada saat bulan puasa. Karena begitu pentingnya berat badan dalam menunjang penampilan dan kesehatan Anda perlunya untuk selalu memperhatikan  dimulai dari sekarang. 


Baca juga 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar